Tag

, , , ,

Pada suatu hari, ‘Umar sedang bermain game di tablet. Abi pun menasehati ‘Umar, “’Umar, kamu sudah lama bermain game-nya mau gak mendengar hadist dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam?”. ‘Umar pun segera menaruh tabletnya sambil berkata:”Hadistnya seperti apa abi?” Abi pun membacakan hadistnya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:«مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ». حَدِيْثٌ حَسَنٌ, رَوَاهُ التِّرْمِذِي وَغَيْرُهُ هَكَذَا.

Artinya: Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu[1], dia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya.” Hadist hasan. Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan selainnya seperti itu.

“Oh, jadi tanda kebaikan islam seseorang itu meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat, In Syaa Allah mulai hari ini aku meninggalkan yang tidak bermanfaat” Kata ‘Umar.

Dan tabletnya pun di download kosakata dan murattal al quran.

Pelajaran yang bisa diambil:

  1. Jika kita ingin mengetahui kebaikan Islam seseorang bisa dilihat dari perbuatannya. Apakah dia meninggalkan yang tidak bermanfaat atau malah melakukan yagn tidak bermanfaat.
  2. Jika kalian mempunyai tablet, i-phone, dsb, men-download-nya yang bermanfaat, seperti: Al quran, Kosakata bahasa arab, dll.
  3. Jika kalian mempunyai tv, maka putarlah film yang bermanfaat, seperti: Kajian, tata cara shalat, dll. Begitu juga radio
  4. Boleh bermain game, tetapi jika lama-lama maka bisa masuk perbuatan yang tidak bermanfaat. Jika bermain game-nya sekedar untuk istirahat sehabis belajar boleh, kira-kira 15 menit.

 

[1] Radhiyallahu ‘anhu artinya semoga Allah meridhoinya

 

Iklan